Sunday 26 May 2013

Tentang Chairil Anwar

Chairil Anwar adalah satu penulis puisi terkenal. Beliau lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922, dan wafat di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun.  Ia merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha, keduanya berasal dari kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jabatan terakhir ayahnya adalah sebagai bupati Inderagiri, Riau. 

Chairil punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Namun, Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun, sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya. (Wikipedia)

Pada tanggal ini biasanya sering dibacakan puisi-puisi beliau oleh komunitas sastra di penjuru negeri, ia dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku), adalah penyair terkemuka Indonesia.

Tidak jelas berapa karya puisi yang dihasilkan olehnya, diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi.  Beliau dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 sekaligus puisi modern Indonesia, bersama dua penyair lain yakni Asrul Sani dan Rivai Apin. 

Chairil Anwar yang lahir dan dibesarkan di Medan, sebelum pindah ke Jakarta (dulu masih Batavia) bersama ibunya pada tahun 1940, dimana ia mulai menggeluti dunia puisi khususnya sastra.
Setelah mempublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Puisinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi seperti puisi yang berjudul aku.

Penikmat sejarah sastra klasik dan modern. Biarkan kami hanyut dalam kalimat hikmat kehidupan.!

Comments


EmoticonEmoticon